GIS

PEMBACAAN KOORDINAT PETA

Pembacaan kordinat peta disini mengacu pada peta apa yang ingin kita pakai bersama GPS. Peta secara global menggunakan koordinat UTM (Universal Transverse Mercator) dan latitude dan longitude (lat/lon).
Untuk dapat membaca koordinat peta, peta tersebut harus lengkap beserta penomoran angka koordinat pada karvak peta.
Karvak ialah kotak bujur sangkar hasil pemotongan garis-garis khayal vertikal dan horizontal yang membagi medan pada peta.
Pembacaan kordinat yang akan dijelaskan yaitu:
1.      UTM
2.      Latitude dan Longitude (Lat/Lon)
1.1  kordinat UTM

Koordinat yang menggunakan satu satuan jarak (meter) dalam pembacaannya, serta sistem yang menggunakan zona-zona. Ada 60 zona di dunia dalam koordinat UTM tersebut, untuk Kalimantan Selatan kena zona 50M.




Sistem Grid UTM Global



Pembacaan koordinat UTM adalah dengan cara melihat angka pada koordinat mT (sumbu X) dan mU (sumbu Y) pada bagian samping dan bagian atas peta , dengan menghubungkan koordinat mT dan mU maka akan didapat suatu koordinat keberadaan titik (lokasi).         
1.2  Latitude dan longitude
Koordinat bujur dan lintang  dalam bahasa ingrisnya yaitu latitude dan longitude (lat/lon) atau geografis. Koordinat Lat/lon menggunakan sistem  lintang dan bujur dengan satuan derajat, menit dan detik.
-  kordinat lintang  nol derajat (utama) yaitu garis ekuator/khatulistiwa, garis ini kena kota pontianak.
-  Kordinat bujur nol deajat (utama)yaitu garis yang tepat kena kota greenwich inggris.
 Pertemuan garis ini atau kordinat nol nol derajat berada di laut pasifik.
Selain format posisi koordinat (UTM/GEOGRAFIS) tadi, hal yang penting lainnya adalah tentang DATUM peta. Karena jika datum peta berbeda maka koordinat juga akan berbeda walaupun kita berdiri di tempat yang sama. Dalam penjelasan beberapa dosen ataupun praktisi mungkin sedikit susah dipahami bila kita tidak punya dasar ilmu geografi. Datum itu sendiri hanya referensi permukaan yaitu parameter acuan untuk mendefinisikan geometri ellipsoid bumi, jadi sederhanya kita analogikan saja DATUM itu adalah ACUAN jadi jika acuan yang kita pakai beda maka koordinat juga akan beda.
Catatan: BAKOSURTANAL menggunakan datum WGS 84.
Penjelasan di atas akan berhubungan dengan penggunaan GPS kita, Jika peta kita dibuat oleh BAKOSURTANAL maka SETTING yang harus dilakukan adalah DATUM PETA (WGS 84) FORMAT POSISI (GEOGRAFIS atau UTM).



You Might Also Like

0 comments