GIS

KONSEP DASAR GIS

GIS Dalam  bahasa Indonesia adalah system informasi geografis (S I G) adalah suatu system informasi kegeografisan yang berbasis komputerisasi yang di gunakan untuk mengolah, menganalisa dan menyimpan suatu data geografis.
GIS itu sendiri pada awalnya tercetus karena proses pembuatan peta dan outputnya, jaman dulu peta di olah secara manual, analisa juga manual dan outputnya berupa hardcopy. Seiring berkembangnya teknologi maka tercetuslah suatu system pembuatan peta dan output yang dialakukan secara komputerisasi yang lebih cepat, murah dan efisien.
GIS saling terintegrasi antara beberapa komponen yaitu:
1.      Hardware (Komputer)
2.      Software (mapsource, global mapper, arcview, arcgis dll)
3.      Data (data GPS, data Google earth dll)
4.      Manusia (operator /teknisi)
5.      Metode (cara/teknik pengambilan data/ketentuan standar dll)
Penjelasan
1.      Hardware, Spesifikasi peralatan komputer, spek computer yang diperlukan tergatung pada jenis software yang di pakai, biasanya paling minimum pentium 4 ram 2 giga, akan lebih bagus lagi apabila ada tambahan video card
2.      Software, yaitu suatu suatu program yang mendukung dalam GIS dan pada umumnya software yang digunakan tidak hanya satu, alasanya hanya untuk mempermudah dalam pengerjaan project GIS. Menurut pengalaman penulis yang menggunakan beberapa software yang digunakan ada kekurangan dan kelebihan pada beberapa software sehingga saat melakukan project GIS semua software itu di gunakan, selain alasan kemudahan juga.   
Menurut penulis beberapa software itu dikelompokkan menjadi 3 tipe yaitu, Software transfer, software converter dan software pengolahan.
a.       Software Transfer (Mapsource, Basecamp)
Mapsource digunakan untuk mentransfer data GPS untuk type 60 dan 76 kebawah sedangkan Basecamp digunakan untuk mentransfer data GPS untuk type 62 dan 78 serta sejenisnya. (software Transfer untuk GPS diangkat karena sesuai dengan studi kasus lapangan kita nanti)
b.      Software converter (Global Mapper)
Karena ada keterbatasan software GIS dalam mebaca data maka perlu ada converter data sehingga mampu di baca software. Untuk Global Mapper hampir semua file data GIS mampu di bacanya dan mentrasfernya ke format apapun.
c.       Software pengolahan
Adapun software-software yang bisa digunakan untuk mengolah data diantaranya: Arcview, Autocad, mapinfo, arcgis, Quantum Gis dll
3.      Data, Umumnya Pada GIS data itu berupa data vector, data atribut dan data raster.
a.       Data Vektor
1.      Point (titik)
2.      Line (garis)
3.      Area
b.      Data Atribut
Data keterangan atau data penjelasan, misalnya data garis atributnya jalan Ahmad Yani
c.       Data Raster
Yaitu data berbentuk image/gambar, misalnya data Foto satellite google earth, data hasil scan peta.
selain data atribut semua data harus bereferensi spasial atau lokasi, sederhanya data tersebut harus memiliki kordinat kebumian.
4.      Manusia, GIS sangat tergantung terhadap sumberdaya manusia, yaitu orang yang mengerti GIS dalam pengoperasian teknologinya.
5.      Metode, Cara menerapkan teknologi GIS baik dari pengambilan data, pengolahan data bahkan hingga tahap analisa data.


You Might Also Like

0 comments